Air Terjun Sri Gethuk

Thursday 2 April 2015



Air Terjun Sri GethukTerletak di Desa Wisata Bleberan, Air Terjun Sri Gethuk menjadi salah satu spot wisata yang sayang untuk dilewatkan. Untuk mencapai tempat ini Anda harus naik kendaraan melewati areal hutan kayu putih milik PERHUTANI dengan kondisi jalan yang bervariasi mulai dari aspal bagus hingga jalan makadam. Memasuki Dusun Menggoran, tanaman kayu putih berganti dengan ladang jati yang rapat. Sesampainya di areal pemancingan yang juga berfungsi sebagai tempat parkir, terdapat dua pilihan jalan untuk mencapai air terjun. Pilihan pertama yakni menyusuri jalan setapak dengan pemandangan sawah nan hijau berhiaskan nyiur kelapa, sedangkan pilihan kedua adalah naik melawan arus Sungai Oya.

Pariwisata Indonesia

Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oya. Air terjun ini sedang dalam tahap pengembangan untuk menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Gunungkidul selain dari pantai dan pegunungan karst.

Air Terjun Sri Gethuk

Sebelum mencapai Air Terjun Sri Gethuk, ada 2 alternatif jalur yang dapat Anda pilih. Jalur pertama yaitu dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dan jalur kedua menggunakan perahu rakit yang terbuat dari papan kayu dan susunan drum sebagai pengapungnya. Namun jika Anda penasaran, mungkin Anda bisa mencoba kedua-duanya. Karena jalur-jalur tersebut memiliki pemandangan yang berbeda.

Air Terjun Sri Gethuk  

Air Terjun Sri Gethuk
Perjalanan dengan perahu rakit memakan waktu kurang lebih 5 menit Anda akan tiba di lokasi air terjun. Meskipun hanya memiliki tinggi sekitar 25 meter, namun air yang mengalir cukup deras. Bentuk air terjunnya pun agak berbeda dari air terjun kebanyakan. Batu-batu yang ada di bawah terjunan berbentuk undakan layaknya punden.

Kegiatan yang dapat Anda lakukan di lokasi Air terjun Sri Gethuk yaitu, berenang di aliran sungai Oya, mandi di bawah air terjun dan berfoto ria untuk mengabadikan wisata Anda bersama rekan-rekan. Jika Anda beruntung, Anda akan menjumpai pelangi yang melintas di depan Air Terjun Sri Gethuk, hal inilah yang biasanya menjadi daya tarik bagi para pengunjung Air Terjun Sri Gethuk.

No comments:

Post a Comment