Gumuk Pasir - Parangkusumo

Friday, 20 March 2015

Gumuk Pasir - ParangkusumoGumuk Pasir Parangkusumo berada di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Gumuk Pasir atau Padang Pasir Parangkusumo ini menjadi fenomena alam yang terbentuk oleh endapan pasir dan memiliki patern yang sangat indah. Gelombang angin terbentuk di permukaan pasir menyerupai aliran air. Sungguh cantik permukaan alam ini. Proses terjadinya gurun pasir ini tidak lepas karena pohon gumuk pasir parangkusumo yogyakarta serta adanya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Kali Opak, Kali Progo dan Pantai Parangtritis. 


Gundukan pasir yang mengumpul merupakan material yang berasal dari abu vulkanik gunung yang terbawa oleh aliran Sungai Opak, Sungai Progo dan sungai-sungai lainnya hingga akhirnya sampai ke Pantai Parangtritis. Kemudian di sini material vulkanik tersebut terombang-ambing oleh ombak hingga akhirnya terkikis dan berubah menjadi debu-debu halus yang akhirnya sampai ke tepi pantai dan dengan mudah dapat diterbangkan oleh angin. Karena proses yang secara terus-menerus tersebutlah hingga terbentuk gundukan pasir yang terkumpul di daratan sepanjang pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Gumuk Pasir Parangkusumo tersebut akhirnya semakin melebar dan tinggi akibat tiupan angin secara terus-menerus.

 Pariwisata Indonesia

Sandboarding Gumuk Pasir - ParangkusumoGumuk Pasir Parangkusumo adalah satu- satunya di Asia Tenggara & rencananya akan dimasukkan dalam daftar Unesco World Heritage. Uniknya lagi, Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki suhu yang sangat ekstrim. Dan pasir di area ini unik, berkarakteristik sama dengan gurun pasir yang ada di Meksiko.

Sandboarding merupakan olahraga permainan menggunakan papan seluncur yang dipergunakan di atas pasir.Ketika Anda berada diatas pasir dan siap meluncur, adrenalin akan di uji disini, antara perasaan takut atau berani. Dengan ketinggian sekitar 5-7 meter, Anda akan merasakan adrenalin meningkat dengan cepat setelah meluncur. Jatuh bangun berluluran pasir sudah menjadi hal biasa dalam olahraga ini. Dengan alat pengaman sandboarding berupa helm, pengaman tangan juga pengaman lutut dan kaki.

 Gumuk Pasir - Parangkusumo


Gumuk Pasir - Parangkusumo
Selain Sandboarding, di Gumuk Pasir Parangkusumo, menikmati pemandangan sekitar dikala matahari terbit dan terbenam juga tak kalah indahnya dengan pemandangan di puncak gunung ataupun di pantai. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera untuk ber-selfie disini.

Harga tiket masuk Gemuk Pasir Parangkusumo adalah Rp. 3.000. Harga tersebut belum termasuk parkir jika anda menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan untuk mencoba sandboarding harga yang dipatok adalah Rp. 200.000/orang (minimal 6 orang) dengan durasi 2 jam permainan. Dengan harga tersebut sudah dilengkapi dengan pelindung seperti helm, pengaman siku dan lutut.


2 comments

  1. Udah pernah kesini, keren banget gumuk pasirnya! :D

    ReplyDelete
  2. wah keren sekali
    makasih infonya sangat bermanfaat

    Rental Mobil Jogja

    ReplyDelete