Way Kambas

Friday 10 April 2015



Way KambasWay Kambas adalah tempat pusat latihan gajah-gajah Sumatera dan merupakan pusat latihan gajah pertama di Indonesia. Di tempat ini gajah-gajah liar Sumatera dilatih dan dimanfaatkan untuk pertunjukan seperti permainan sepak bola, berenang, dan lain sebagainya. Pengunjung dapat menunggang gajah dengan didampingi para keeper gajah. Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia.

Pariwisata Indonesia

Di Pusat Pelatihan Gajah Way Kambas, Anda dapat melihat gajah melakukan berbagai tugas seperti mengangkut kayu  atau membajak sawah. Mereka juga dapat melakukan aktivitas unik seperti bermain sepak bola dan pertunjukan menghibur lainnya.

Taman Nasional Way Kambas

Way KambasGajah Sumatera adalah salah satu dari tiga subspesies yang diakui sebagai gajah asia dan asli Pulau Sumatera. Secara umum, gajah Asia lebih kecil dibandingkan dengan gajah Afrika. Gajah Sumatera merupakan gajah terkecil dari gajah-gajah yang ada di  Asia dengan ketinggian bahu berkisar antara 2 dan 3,2 m. Gajah liar di Sumatera dahulu dapat ditemukan di 8 propinsi di Pulau Sumatera. Namun, karena kepadatan pemukiman dan menyusutnya vegetasi hutan hujan tropis telah menyulitkan untuk memperkirakan jumlah mereka.

Dari bandar lampung lokasi menuju lokasi obyek wisata di taman nasional way kambas tak begitu jauh, seperti menuju Pusat Konservasi Gajah (PKG), hanya berjarak kurang lebih 2 jam saja dari pusat kota, atau mungkin dari jakarta dapat menggunakan Pelabuhan Bakaheni untuk menuju lampung dan tiba di Dermaga Labuan Meringgai.

Welcome Gate Way KambasDi Taman Nasional Way Kambas ini terdapat hewan yang hampir punah diantaranya Badak sumatera, Gajah Sumatera, Harimau sumatera, Mentok Rimba, Buaya sepit. Untuk tanaman banyak diketemukan Api-api, Pidada, Nipah, pandan. Di bagian pesisir Taman Nasional Way Kambas yang berawa juga sering ditemukan berbagai jenis burung antara lain Bangau Tongtong, Sempidan Biru, Kuau raja, Burung Pependang Timur, dan beberapa burung lainnya.



Berikut rute untuk menuju kesana:

  •   Bandarlampung - Metro - Labuhan ratu (100 Km), menggunakan mobil + 2 jam.
  • Branti - Metro - Labuhan ratu (88 Km), menggunakan mobil + 1.30 jam.
  •   Bakauheni - Panjang - Sribawono - Labuhan ratu (1882 Km), menggunakan mobil + 3 jam.
  •   Bakauheni - Labuan Meringgai - Way Kambas, menggunakan mobil + 2 jam.
  • Labuhan ratu - Pusat Latihan Gajah, menggunakan mobil + 15 menit.

No comments:

Post a Comment