Goa Kalisuci

Wednesday 25 March 2015

Goa KalisuciGoa Kalisuci berlokasi di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Sekitar 60km atau 1,5-2jam perjalanan dari kota Jogja. Cave tubing di Goa Kalisuci ini sebenarnya adalah wisata Cave tubing yang pertama di Indonesia, jauh sebelum Goa Pindul mulai menawarkan wisata yang sama. Tempat ini sebenarnya sudah mulai dirintis sebagai tempat wisata pada era pemerintahan Soeharto sekitar tahun 1997 yaitu dengan pembangunan tangga untuk akses ke bawah sungai, akan tetapi kurangnya perhatian dari pemerintah setempat kemudian menjadikan tempat ini tidak terawat dengan baik, malah digunakan oleh warga sekitar untuk keperluan mandi dan mencuci. Ini sungguh halnya yang sangat menyedihkan karena dapat mencemari kondisi air sungai bawah tanah tersebut.


 pariwisata Indonesia


Goa Kalisuci
Karst Kalisuci yang terletak di pegunungan daearah Gunungkidul menawarkan wisata jelajah cave tubing kalisuci Gunung Kidul kepada para wisatawan. Wisatawan dapat menyusuri sungai yang berada dalam tanah yang memiliki jeram dengan grade yang rendah sehingga tempat ini cocok bagi penjelajah pemula untuk menambah jam terbangnya. Sungai yang terletak dalam gua bawah tanah tersebut dapat ditelusuri menggunakan ban dalam sebagai pengganti perahu.

Kawasan Karst Kalisuci mempunyai 5 gua yang terhubung dan dapat ditelusuri dalan satu waktu, yaitu Gua Glatikan, Gua Suci, Gua Buri Omah, Gua Gelung dan Gua Brubug. Sungai bawah gua yang mengaliri dlam gua-gua tersebut mempunyai lebar bervariasi antyara 5 samapai 10 meter dengan air yang sangat jernih.

Goa Kalisuci -Yogyakarta

Goa KalisuciOrnamen alam dan ekosistem dalam gua merupakan keindahan yang akan dinikmati para penjelajah saat menyusuri sungai tersebut. Ditambah lagi keunikan sungai ini yang indah berkelok-kelok dengan hiasan tanaman perdu dan kelelawar yang sedang bergelantungan menambah daya tarik tersendiri. Panjang aliran sungai ini sekitar 500 meter dan bisa ditempuh dalam waktu 2jam.

Rute menuju Kalisuci dari Jogja :
Jogja menuju Piyungan ,Patuk , Sambipitu, Hutan Rest Area Bunder  , pertigaan Lanud TNI AU Gading lurus menuju Siyono ke Alun-alun Wonosari arah Baleharjo , Jembatan Jirak Semanu, Perempatan timur Jembatan Jirak ke kanan kemudian Pasar dan Terminal Semanu, Pertigaan Lapangan Tri Wana Sakti ke kanan kemudian setelah ± 800 meter masuk pintu gerbang kawasan wisata Kalisuci di kanan ( Utara ) jalan.

No comments:

Post a Comment