Kepulauan Raja Ampat

Sunday 29 March 2015

Raja Ampat - PapuaKeindahan alam papua yang masih jarang terjamah, membuat daerah ini masih asri dan menjadi tujuan wisata yang menarik. Raja Ampat adalah daerah terkenal di papua yang telah menarik simpati seluruh dunia. Keindahan alam, flora, fauna dan keramahan penduduk memang sangat menawan dan pantas jika daerah ini dijuluki sebagai surga dunia.

 Pariwisata Indonesia

Letak Kepulauan Raja Ampat adalah di sebelah barat paruh burung pulau Papua. Kabupaten  Raja Ampat memiliki luas sekitar 881.953 km2 dengan luas daratan hanya sekitar 6.084,50 km2. Jumlah pulau yang berada dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Raja Ampat adalah lebih dari 610 pulau, dengan panjang wilayah garis pesisir pantai lebih dari 753 km.  Dari ratusan pulau yang tersebar di kabupaten Raja Ampat hanya 35 pulau saja yang didiami oleh penghuni lokal. (Sumber : Raja Ampat dalam Angka, 2007).

Raja Ampat - PapuaAsal mula nama Raja Ampat sendiri diduga merupakan sebuah mitos yang berkembang dan memiliki beberapa varian di masyarakat setempat. Mitos itu mengatakan bahwa ada seorang wanita yang menemukan 7 telur. Empat butir telur di antaranya menetas menjadi 4 orang pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Sementara 3 telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita dan sebuah batu.

Perlu diketahui bahwa 75% spesies ikan di dunia ini berada di perairan Raja Ampat. Lautan di Raja Ampat adalah ekosistem alam yang masih terjaga kelesetariannya hingga kini. Tingginya nilai strategis alam laut di Papua tersebut menyebabkan wisata Raja Ampat di Papua dilindungi dengan undang-undang RI.
Hal ini untuk mencegah berbagai tindakan pengrusakan ekosistem laut yang semata-mata mengejar keuntungan bisnis. Bukan tanpa alasan! Wisata Raja Ampat telah menjadi fokus wisata dunia pada saat-saat sekarang ini.

Raja Ampat - Papua

Raja Ampat - PapuaDiving dan snorkeling adalah salah satu kegiatan wisata Raja Ampat yang paling terkenal. Namun, Anda harus tahu bahwa tempat wisata di Papua ini juga memiliki  hutan yang lebat, gugusan batu kapur yang berwarna-warni, aneka spesies tumbuhan langka, serta sarang penyu di tepi pantai.

Sebagian wisatawan akan berselancar di Raja Ampat karena tempat wisata ini memiliki ombak laut yang cukup menantang. Beberapa pulau di Raja Ampat yang paling sering dikunjungi adalah Pulau Wayag, Pulau Waiwo, Pulau Karang, Kepulauan Gam, dan Pulau Arborek. Jika Anda ingin melihat burung Cendrawasih yang menjadi satwa khas Papua, Anda dapat mengunjungi Kepulauan Gam. Terdapat 4 jenis burung cendrawasih yang hidup di Kepulauan Gam tersebut, yaitu cendrawasih merah, cendrawasih besar, cendrawasih kecil, dan cendrawasih belah rotan.

1 comment